Finn - Adventure Time

Selasa, 15 September 2015

Simbol-Simbol Bahaya di Laboratorium

Simbol-simbol bahaya bahan kimia terkait keselamatan kerja pada umumnya dipasang atau ditempel pada lokasi penyimpanan bahan kimia dan di area lokasi kerja atau percobaan di laboratorium. Fungsi atau tujuan pemasangan simbol bahaya bahan kimiaadalah untuk memberikan informasi kepada kita agar berhati-hati terhadap bahan kimia tersebut.

Simbol Bahaya Bahan Kimia Di Laboratorium

Simbol-simbol bahaya digunakan untuk keselamatan kerja dan mengenali sifat bahan-bahan yang ada di laboratorium, khususnya bahan kimia berbahaya, biasanya pada botol bahan kimia tertempel label simbol-simbol bahaya. Suatu bahan kimia dapat mempunyai lebih dari satu simbol. Simbol-simbol itu antara lain tercantum pada tabel berikut.

Tabel Simbol Bahaya Bahan Kimia

SimbolArti SimbolContohKeterangan
Bahan Mudah TerbakarMudah
terbakar
Minyak
tanah,
alkohol,
kerosin
Sifat bahan ekstrem mudah menyala, artinya zat cair yang mempunyai suhu kurang dari 0oC dan titik didih kurang atau sama dengan 35oC. Sangat sudah menyala, artinya bahan yang dapat terbakar pada keadaan normal. Cairan dengan suhu nyala di bawah 21oC termasuk dalam golongan ini. Mudah terbakar, artinya bahan padat yang mudah terbakar pada suhu kurang dari atau sama dengan 350oC dan zat cair dengan suhu nyala sama atau lebih dari 21oC.
Bahan KorosifKorosifAsam dan
Basa Kuat
Korosif artinya bahan-bahan yang dapat merusak jaringan hidup jika bersentuhan.
Bahan BeracunBeracun/
toksik
Merkuri,
sianida
Beracun artinya suatu zat yang dapat menimbulkan kecelakaan, penderitaan, ataupun kematian apabila tertelan, terhirup, atau terserap melalu kulit.
Bahan Berbahaya IritasiIritasi/
berbahaya
KloroformIritasi artinya bahan-bahan yang umumnya tidak korosif tetapi dapat mengakibatkan ketidaknyamanan apabila bersentuhan dengan kulit atau bagian tubuh lainnya sehingga dapat menimbulkan hilangnya pigmen atau melepuh.
Bahan RadioaktifRadioaktifUranium,
plutonium
Bahan radioaktif artinya bahan-bahan yang dapat memancarkan sinar-sinar radioaktif atau radiasi dapat mengakibatkan efek racun dalam waktu singkat atau lama.
Bahan Mudah MeledakMudah
meledak
Campuran
hidrogen
dan oksigen.
Mudah meledak/eksplotif artinya bahan-bahan yang mudah meledak apabila terkena gesekan, benturan, panas, atau kontak dengan api.
Simbol bahan kimia diatas mengidentifikasikan kondisi bahaya yang dapat diakibatkan oleh bahan tersebut. Oleh karena itu simbol-simbol diatas perlu kita pahami dan mengerti sebelum menggunakan bahan kimia dengan simbol seperti ditunjukan pada tabel simbol bahaya bahan kimia diatas.

1 komentar: